Monday, January 4, 2016

Mengenal Sosok Setan Manusia

MENGENAL SOSOK SETAN MANUSIA

Allah Swt berfirman :

وكذلك جعلنا لكل نبي عدواسياطين الانس والجن يوحي بعضهم الى بعض زخرف القول غرورا
"Demikianlah bagi setiap Nabi Kami (Allah) adakan musuh2nya, yaitu setan yg terdiri dari BANGSA JIN DAN MANUSIA, sebagian dari mereka menyampaikan perkataan palsu kepada yg lainnya sebagai bentuk penipuan" (QS. 16-an-Nahl : 112)

Salah satu sifat bangsa manusia yg tidak terkontaminasi dgn sifat2 setan tsb adalah tersifatinya mereka dgn sifat2 malaikat. Perbuatan malaikat selalu berorientasi menegakkan persatuan, kerukunan dan keserasian hidup, serta memberikan dorongan kpd manusia ke jalan yg baik dan benar. Dan tidak pernah malaikat sedetik pun membimbing manusia ke jalan pengrusakan dan penghancuran.
Sedangkan Iblis, dan setan jin selalu melakukan perbuatan kejahatan, penistaan, serta selalu menghendaki kerusakan di muka bumi dgn jalan penipuan, penggiringan opini, memutarbalikkan kebenaran, adu domba, mengulang-ulang kisah penderitaan lama, pemalsuan berita dan sejarah, menjarah keimanan dan mengisinya dgn kefasikan dan kekufuran, serta selalu menciptakan konflik antar manusia, antar mazhab dan antar bangsa. Bahkan, Iblis dan setan jin bahu membahu untuk mengubah agama, ajarannya dan penafsirannya yg sesuai dgn sifat2 asli mereka yaitu, api yg selalu panas membakar.
Siapa pun manusia yg bertindak seperti Iblis dan setan jin tsb, maka dia telah menjadi pelayan setianya, serta menjadikan mereka sbg maulanya, sebagaimana firman-Nya :

فهو وليهم اليوم
"shg setan menjadi pemimpin mereka pada hari ini" (QS. 16-An-Nahl :64)

Oleh: Kiai Alawi Nurul Alam

No comments:

Post a Comment