Sunday, April 17, 2016

Biografi Syekh Muhammad Ayyub, Imam Masjid Nabawi (w. 2016)

#Diantara biografi Syaikh Muhammad Ayyub rahimahullahu
====

Madinah Berduka....

إن الله لا يَقْبِضُ العلمَ انتزاعاً ينتزعُه من العباد، ولكنْ يقبِضُ العلم بقبض العلماء، حتى إذا لم يبقَ عالماً؛ اتَّخذ الناس رؤوساًَ جُهَّالا، فسُئِلوا ؟ فأفتوا بغير العلم، فضلّوا وأضلوا.

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengangkat ilmu dengan sekali cabutan dari manusia. Namun Allah akan mengangkat ilmu dengan mewafatkan para ulama. Hingga ketika tidak tersisa lagi seorang berilmu (di tengah mereka), manusia mengangkat para pemimpin yang jahil. Mereka ditanya, dan mereka pun berfatwa tanpa ilmu. Hingga akhirnya mereka sesat dan menyesatkan."

Beliau memiliki nama lengkap Muhammad Ayyub bin Muhammad Yusuf bin Sulaiman Umar.

Lahir di kota suci Makkah tahun 1372 H./1952 M. Beliau Adalah seorang Imam, qari dan cendikiawan islam yang terkenal dengan bacaan qur'annya. Ia adalah mantan Imam Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Syaikh yang berdarah Burma ini pernah juga menjabat sebagai pengajar Fakultas al-Qur'an dan Studi Islam, Universitas Islam Madinah, anggota Komite IlmuwanKomplek Percetakan Al-Qur'an Raja Fahddan Imam Masjid Hasan asy-Sya'ir, Madinah.

Biografi

Muhammad Ayyub lahir pada tahun 1372H(1952/1953) di Mekkah, Arab Saudi. Ia menyelesaikan hafalan qur'annya pada tahun 1385H(1965/1966) dibawah bimbingan Khalil bin Abdurrahman al-Qari di Masjid Bin Ladin, Mekkah. Setelah menyelesaikan pendidikan dasarnya pada tahun 1386H, (1966/1967) ia pindah ke Madinah, dan menyelesaikan pendidikan menengah dan lulus pada tahun 1392H(1972). Ia menyelesaikan studi sarjana di Fakultas Syari'ah Universitas Islam Madinah pada tahun 1396H(1976), menyelesaikan studi magister dan doktoral di Fakultas al-Qur'an dan Studi Islam Universitas Islam Madinah, dan lulus doktoral pada tahun 1408H(1987/1988). Selain belajar di sekolah, ia juga belajar dengan ulama berbagai macam ilmu, sepertihadis, musthalah hadis, danushul fiqh. Pada tahun 1410H (1990) ia ditunjuk sebagai Imam Masjid Nabawi sampai tahun 1417H (1997). Ia pernah menjadi imam di berbagai masjid di Arab Saudi, Kuwait, Uni Emirat Arab danBahrain. Muhammad Ayyub merupakan keturunan Burma dan mengikuti mazhab Hanafi.

Terakhir kali beliau menjadi imam di Masjid Nabawi saat bulan Romadhon tahun lalu. Beliau mengimami atas titah langsung dari Raja Salman.

Dan hari ini beliau berpulang...
Semoga Allah merahmati beliau...
Jenazah disholatkan ba'da dzuhur di Masjid Nabawi....

No comments:

Post a Comment